Berkunjung di Kebumen yuk kunjungi Goa Jatijajar

salah satu ikon wisata yang cukup populer di kabupaten kebumen dikenal sebagai goa jatijajar. Lantaran telah berupa beton namun keaslian dan estetika di dalamnya tak berubah, tempat wisata pilihan yang 1  ini merupakan objek wisata alam yang telah mendapat sentuhan modern, tempatnya tidak lagi tidak terang lantaran telah ada penerangan lampu pln dan jalan di dalamnya juga tak licin
Stalagtit dan stalagmitnya masih alami dan bentuk dasar gua juga tidak berubah. Dinginnya berada di dalam tanah bisa dirasakan oleh pengunjung masih. Goa jatijajar berada di kampung jatijajar kecamatan papa yang dikenal sebagai kecamatan paling barat dari kabupaten kebumen.

Goa jatijajar pertama kali ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama jayamenawi, yang pada kala itu tanpa sengaja terjatuh ke dalam gua waktu sedang mencari rumput di atas goa. Temuan itu lalu dilaporkan ke penguasa pada waktu itu yang kemudian di eksplorasi lebih lanjut. Penamaan goa jatijajar sendiri konon sebab di mulut goa ada 2  buah pohon jati yang tumbuh berjajar sehingga disebutlah goa jatijajar.
Goa jatijajat memiliki keunikan sendiri dibanding dengan goa linnya yakni adanya sungai yang mengalir di dalam goa. Tepatnya ada 4 sungai atau yang biasa disebut sendang oleh masyarakat sekitar, 4  sendang tersebut dikenal sebagai:
Sendang Kantil
Sendang Mawar
Sendang Jombor
Sendang Puser Bumi
Dari keempat sendang itu hanya 2  yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yaitu sendang mawar dan sendang kantil. Sedangkan sendang jombor dan sendang puser bumi aksesnya ditutup untuk umum lantaran letaknya yang agampang untuk dijangkau. Kalau pengunjung mau melihat 2  sendang tersebut bisa saja tapi mesti ditemani oleh juru kunci goa jatijajar yang akan membimbing untuk sampai kelokasi.
Untuk menuju ke objek wisata goa jatijajar aksesnya sungguh mudah, bagi yang menggunakan kendaraan sendiri bisa langsung saja dari jalan raya purwokerto – kebumen belok keselatan di pos polisi sektor ijo menempuh jarak sekitar lima belas km dan sampailah ke lokasi. Sedangkan bagi yang menggunakan moda angkutan umum bisa naik angkutan jurusan jatijajar dari kota gombong, cukup sekali naik dan sampailah anda ke lokasi objek wisata goa jatijajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Wisata Keluarga Terbaik di Malang, Jatim Park 2

Menikmati keindahan alam dan sepoi angin di pantai suwuk